Pantai Timur Pangandaran


Pantai Timur Pangandaran, bisa untuk Berenang?


Objek wisata yang disebut primadona pantai di Jawa Barat ini berada di Dusun Pananjung Kecamatan Pangandaran pada jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis, mempunyai beragam kelebihan misalnya:

  • Bisa menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari dari 1 tempat yang sama
  • Pantainya agak miring sama air yang jernih dan jarak di antara pasang dan surut relatif lama hingga memungkinkan untuknya berenang dengan aman
  • Ada pantai dengan hamparan pasir putih
  • Ada team penyelamat wisata pantai
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerang jalan yang ideal
  • Ada taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang menakjubkan.

Karena ada faktor-faktor pendukung barusan, karena itu pelancong yang tiba di Pangandaran bisa lakukan aktivitas yang beragam macam: snorkeling, diving, berperahu, memancing, keliling dengan sepeda dll.

Adapun acara tradisionil yang ada di sini yaitu Hajat Laut, yaitu upacara yang sudah dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai realisasi rasa terima kasih mereka pada kemurahan Tuhan YME dengan melarung sesajen ke laut terlepas. Acara ini biasa dilakukan pada setiap bulan Muharam.


Sarana yang ada:

  1. Lapang parkir yang lumayan luas,
  2. Hotel, restoran, pemondokan, pondok wisata dengan biaya bervariatif,
  3. Servis pos, telekomunikasi dan money changer,
  4. Pramuwisata dan Pusat Info Pariwisata,
  5. Bumi perkemahan,
  6. Sepeda dan ban renang sewaan,
  7. Sarana permainan air (water sport) seperti Banana Boat, Uvo, Jetski, Paralayang
  8. Spot Snorkeling

Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Barat Pangandaran

Pangandaran adalah kabupaten di Jawa Barat yang memiliki garis pantai yang paling panjang, banyak nama pantai sejauh garis pantai yang langsung menghadap samudra hindia, diantaranya pantai timur dan barat. Pada versi kesempatan ini siapakah yang lebih indah?

Sama-sama Berlatar Cagar Alam

Jika disaksikan dari kacamata keindahan, ke-2 pantai ini pantas dibanding keindahannya, ke-2 nya memiliki latar yang serupa jika dilihat dari arah utara, ke-2 nya memiliki panorama yang serupa yakni cagar alam, tetapi jika disaksikan dengan cermat, kontur cagar alam sisi barat lebih cantik karena ada semenanjung kecil didekat pasir putih.



Pantai Timur Sunrise dan Pantai Barat Sunset
Ke-2 pantai ini memiliki peristiwa yang lain dengan aktivitas bumi pada matahari pastinya, bila pantai timur berlatarkan matahari terbit dan matahari terbenam punya pantai barat, ke-2 nya sama indahnya bergantung anda pastinya yang memandangnya.



Luas Pantai Timur tidak Selebar Pantai Barat
Untuk masalah luas pantai yang dapat dipakai untuk beraktifitas berenang dan main pasir, pantai timur jauh kalah dari pantai Barat. Pantai barat memiliki hamparan pasir yang luas, apa lagi saat waktu air surut tiba, jaraknya jauh sekali dari bibir pantai sampai deburan ombak. Berikut yang mengakibatkan Pantai Barat seringkali dipakai untuk tempat bermain pasir dan berenang, tetapi tidak boleh salah, dahulu sebelum zaman 90-an, pantai timur memiliki pantai yang luas. Besarnya abrasi yang karena ombak membuat pantai ini mulai dipasang gorong-gorong pada tahun 90-an.



Pantai Timur Tempatnya Water Sport, Pantai Barat Tidak Ada
Buat pencinta water sport seperti jet sky, banana boat dan yang lain, pantai timur ialah pilihannya. Ini tidak dapat anda temui di Pantai barat, selainnya beda peruntukan, luasnya pantai membuat operator water sport susah untuk bikin pelabuhan mini untuk mulai olahraga air ini.



Sama-Sama Berlatarkan Gunung Api Yang Tinggi Jika anda berpeluang memfoto ke-2 pantai ini di saat cuaca bagus, sebetulnya ke-2 pantai ini memiliki background gunung tinggi. Pantai timur saat pagi hari kerap kelihatan cantiknya siluet gunung slamet yang ada di Jawa tengah, sementara pantai barat sering kelihatan siluet gunung ceremai. Sudah pernahkah anda melihatnya?

Mungkin sekian dari artikel mengenai pantai timur Pangandaran, kritik dan saran boleh di tulis di kolom komentar ya :)