Pantai Indah yang Berada di Lebak Banten

Desa Sawarna ialah sebuah desa wisata yang berada di Kabupaten Lebak, Banten. Pantai Sawarna Lebak Banten berada tidak jauh dari Desa Sawarna. Desa Sawarna mulai jadi bahan perbincangan di tahun 2000an saat mulai dibeber di internet. Selainnya masih sepi pengunjung karena baru memulai terkenal, Desa wisata Sawarna memiliki kelebihan yang lain, yakni banyak memiliki tempat wisata dalam jarak yang bersisihan hingga dalam 1x jalan kamu segera dapat nikmati semua sekalian.

Pantai Sawarna

Kerap disebutkan Bali ke-2 , tipe wisata yang bisa kamu nikmati di Desa wisata Sawarna ialah wisata alam karena alam di sekitar lokasi ini masih jarang-jarang terjamah oleh tangan manusia, hingga masih asri dan memikat buat disaksikan. Tempat wisata yang bisa didatangi di Desa wisata Sawarna ialah berbentuk sungai, rimba, agrowisata, panjat tebing, goa, dan yang terpopuler ialah pantainya yang cantik.


Surga Para Peselancar

Pantai Sawarna Lebak Banten ialah sebuah pantai yang menghadap ke Samudera Hindia, hingga memiliki ombak ciri khas pantai selatan yakni berombak besar dan berarus kuat, menjadikan benar-benar pas untuk wisata selancar. Memang wisata selancar belum terlampau terkenal di Indonesia, tetapi di luar negeri banyak orang yang menyenangi aktivitas air ini. Di Pantai Sawarna Lebak Banten banyak pelancong asing yang kerasan lama-lama ada di sini untuk berseluncur, dan bertandang ke arah tempat wisata lain di Desa Sawarna.


Mempunyai panjang 65 KM, Pantai Sawarna Lebak Banten mempunyai air laut yang jernih, pasir yang putih, berbukit hijau, dihias karang, dan tidak begitu penuh oleh pengunjung ialah pantai yang terindah di Banten hingga kamu tak perlu sangsi untuk tiba bertandang dan nikmati daya tarik wisata yang terselinap ini. Berada di sebuah desa pesisir selatan, Pantai Sawarna selalu disambungkan dengan cerita si penguasa laut selatan, Nyai Roro Kidul.


Mudah Dijangkau

Pantai Sawarna Lebak Banten yang memiliki jarak sekitaran 150 KM dari kota Rangkasbitung banyak dikunjungi pelancong yang datang dari Bandung, Jakarta, dan sekelilingnya karena dari beberapa kota itu jaraknya tidak begitu jauh. Disamping itu jalanan ke arah Pantai Sawarna Lebak Banten juga cukup baik, dan terus diperbarui hingga dapat dipastikan dalam kurun waktu sekian tahun di depan, tempat wisata di Banten ini akan menjadi satu diantara bintang wisata untuk masyarakat Bandung, Jakarta, dan sekelilingnya. Waktu perjalanan dari Jakarta ke arah Pantai Sawarna Lebak Banten ialah sekitaran 7 jam dalam jarak menempuh sekitaran 270 KM.


Banyak yang menanyakan Pantai Sawarna sebetulnya berada di mana? Banten atau Sukabumi? Dulu memang Pantai Sawrana masuk ke tempat Sukabumi, tapi yang terkini, pantai ini telah masuk ke propinsi Banten.

Pantai Sawarna Lebak Banten bisa diraih dengan kendaraan individu atau kendaraan umum. Bila memakai kendaraan individu dari Jakarta, karena itu jalur yang akan kamu menempuh yakni:

Dianjurkan memakai lajur timur karena lajur barat situasinya sepi dan gelap, hingga kamu akan kesusahan jika memerlukan kontribusi. Disamping itu masih tetap jarang-jarang ada tempat makan dan tempat pengisian bensin.

Jika kamu ingin memakai kendaraan umum, kamu bisa menumpang bis jalur Dermaga Ratu dari terminal bis di tempat, selanjutnya dari Dermaga Ratu kamu harus meneruskan ke Sawarna dengan naiki elf. Jika memakai kendaraan umum, dianjurkan tidak boleh terlampau sore, karena kendaraan umum ke arah Desa Sawarna cuman s/d jam 5 sore saja.


Pengertian Nama Sawarna

Tentu saja nama Sawarna dari Pantai Sawarna Lebak Banten diambil dari nama dusunnya, Sawarna. Asal nama Desa Sawarna sendiri diambil dari kepala desa pertama yang hidup di tahun 1900-an, Swarna.

Lalu kenapa Swarna jadi Sawarna? Sawarna dengan bahasa Sunda maknanya satu warna. Di mana warga pada periode itu semua sebagai orang dari suku Sunda, hingga mempunyai kemiripan suku. Itu tadi kenapa pada akhirannya dinamakan Sawarna.