Wisata Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Wisata alam di Jawa Barat tidak melulu soal curug (air terjun) saja. Ada banyak sekali tempat indah yang tersebar di sana, terutamanya wilayah Pangandaran. Berada di paling selatan Jawa Barat, kamu dapat mendapati pantai eksotik namanya Pangandaran.

Dan berikut hal dan info mengenai spot atau tempat photo wisata Pantai Pangandaran dari akses jalan jalur lokasinya, panduan dan harga ticket masuknya yang harus kamu kenali bila ingin bertandang. Baca secara lengkap berikut ini!


Akses Jalan ke Pangandaran

Ada beberapa cara menuju Pangandaran, dimulai dari jalur darat hingga udara. Misalkan jika dari Jakarta, kamu bisa naik bis Gapuraning Rahayu selama tujuh jam. Harga sekitaran Rp90 ribuan.

Jika ingin lebih cepat, ada penerbangan Jakarta-Pangandaran memakai pesawat punya PT Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air). Lama perjalanannya sekitaran 45 menit di harga Rp824 ribuan.

Alternative lainnya, kamu bisa naik kereta api dari Stasiun Gambir ke Stasiun Banjar. Jarak tempuhnya sekitaran delapan jam, harga dibandrol mulai Rp110 ribu. Dari Stasiun Banjar, kamu bisa lanjut memakai bis untuk lanjut ke Pangandaran.

Jika kamu memakai kendaraan pribadi, tidak perlu cemas nyasar. Karena, jalan ke arah Pantai Pangandaran bisa dijangkau Google Maps atau Waze.


• Datanglah ke Pantai Pangandaran sebelum matahari terbenam
Wisata Pantai Pangandaran

Sebetulnya Pantai Pangandaran buka hingga malam hari. Tetapi, untuk keselamatan pengunjung, kegiatan di laut cuman dibatasi sampai jam 17.00. Oleh karena itu, jika kamu ingin bermain air di pantai, lebih baik tiba saat sebelum matahari terbenam.

Harga ticket masuk ke Pantai Pangandaran tergantung dari kendaraan yang kamu pakai. Adapun rinciannya seperti berikut (harga bisa berbeda sewaktu-waktu):

  • Pejalan kaki - Rp6.000 ribu.
  • Motor dikenai biaya - Rp15.000 ribu.
  • Kendaraan tipe Sedan atau Jeep - Rp35.000 ribu.
  • Kendaraan tipe Carry - Rp65.000 ribu.
  • Mobil penumpang besar - Rp93.000 ribu.

• Jangan lewatkan pasar ikan di Pantai Pangandaran
Wisata Pantai Pangandaran

Pasar ikan adalah daya tarik lainnya yang dapat kamu temui di Pantai Pangandaran. Karena, wilayah ini dahulunya dikenali sebagai kota nelayan. Sampai sekarang ini kamu juga dapat menyaksikan atau ikut para nelayan menangkap ikan.

Di pasar tersebut, kamu dapat membeli bermacam hasil olahan laut yang fresh. Kamu dapat memprosesnya sendiri atau meminta mereka menjadikan sebagai masakan yang sedap.


Pantai Pangandaran pusatnya membeli cenderamata
Wisata Pantai Pangandaran

Sarana di Pantai Pangandaran udah cukup memadai. Kamu udah disediakan tempat parkir luas, tempat kemping, money changer, pemandu wisata, pusat info, sampai tempat membeli oleh-oleh.

Udah jauh-jauh ke sini, kurang komplet donk jika tidak membawa oleh-oleh? Pantai Pangandaran menjajakan suvenir berbentuk kerajinan khas laut. Kamu dapat membeli miniatur papan surfing, aksesori, kaos, celana, dan ada banyak lagi yang lain.

Kamu bisa juga membeli beberapa makanan ciri khas Pangandaran, seperti jambal dan ikan asin. Nah, perlu alasan apalagi untuk main ke tempat wisata Pantai Pangandaran? Yuk, segera rencanakan liburanmu kesini!

Pantai Pangandaran ternyata mempunyai Pesisir Pantai Pasir Putih yuk cek juga artikel disini!